Pelaksanaan Asesmen Lapangan di Program Doktor (S3) Manajemen Pendidikan, FKIP Universitas Mulawarman Berlangsung Sukses

Samarinda, 22 Agustus 2024 - Program Doktor (S3) Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mulawarman, telah sukses melaksanakan asesmen lapangan selama dua hari, yaitu pada tanggal 20-21 Agustus 2024. Asesmen lapangan ini merupakan bagian dari proses akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) untuk memastikan kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh program studi tersebut.

 

Hari Pertama: Presentasi dan Dialog dengan Pihak Program Studi

Pada hari pertama, kegiatan dimulai dengan presentasi profil program studi yang disampaikan oleh Ketua Program Doktor Manajemen Pendidikan, Dr. Hasbi Sjamsir, M.Hum. Presentasi tersebut mencakup berbagai aspek penting seperti visi dan misi program studi, kurikulum, kualitas dosen, fasilitas, serta pencapaian mahasiswa dan alumni.

 

Setelah presentasi, dilakukan sesi tanya jawab dan diskusi antara tim asesor dan pihak program studi. Dalam diskusi ini, tim asesor menggali lebih dalam mengenai berbagai aspek yang telah dipresentasikan, termasuk bagaimana program studi memastikan kualitas penelitian yang dihasilkan oleh mahasiswa, dukungan terhadap proses belajar mengajar, dan kerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan lain.

 

Hari Kedua: Observasi Lapangan dan Wawancara

Hari kedua difokuskan pada observasi lapangan dan wawancara. Tim asesor melakukan kunjungan ke berbagai fasilitas yang dimiliki oleh program studi, termasuk ruang perkuliahan, laboratorium, perpustakaan, dan ruang dosen. Mereka juga melakukan wawancara dengan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, serta perwakilan alumni untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai kondisi nyata di lapangan.

 

Wawancara dengan mahasiswa berfokus pada pengalaman mereka selama mengikuti perkuliahan di program studi ini, termasuk kualitas pembelajaran, dukungan akademik yang diberikan, serta kesempatan untuk melakukan penelitian. Sementara itu, wawancara dengan dosen dan tenaga kependidikan lebih menitikberatkan pada manajemen program studi, strategi pengajaran, dan tantangan yang dihadapi dalam menjalankan program doktor ini.

 

Penutupan dan Rekomendasi

Di penghujung asesmen lapangan, tim asesor menyampaikan hasil temuan sementara mereka. Secara umum, tim asesor memberikan apresiasi terhadap berbagai upaya yang telah dilakukan oleh program studi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk inovasi dalam kurikulum dan dukungan terhadap penelitian mahasiswa.

 

Namun demikian, tim asesor juga memberikan beberapa rekomendasi yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan mutu program studi ke depannya. Rekomendasi tersebut mencakup peningkatan akses terhadap jurnal internasional, peningkatan jumlah publikasi ilmiah oleh dosen, serta penguatan kerja sama dengan lembaga pendidikan lain baik di dalam maupun luar negeri.

 

Asesmen lapangan ini diakhiri dengan penyampaian rasa terima kasih dari kedua belah pihak, baik dari tim asesor maupun pihak Universitas Mulawarman. Selanjutnya, hasil dari asesmen ini akan digunakan sebagai salah satu dasar dalam penetapan akreditasi oleh LAMDIK.

 

Dengan berakhirnya asesmen lapangan ini, Program Doktor Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Mulawarman berharap dapat meraih akreditasi yang lebih baik, sebagai bentuk pengakuan terhadap upaya berkelanjutan dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

 

Share