BEM FKIP Gelar Diskusi Penerbitan Jurnal Ilmiah

2013-04-16 11:58:24

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman (Unmul) gelar Diskusi Publik dengan tema “Urgensi Jurnal Ilmiah sebagai Ujung Tombak Kelulusan”, bertempat di Auditorium Unmul, Sabtu (7/4).

“Tujuan dari kegiatan yang digagas BEM FKIP  ini adalah, memberi pemahaman bagi mahasiswa mengenai sistematika penulisan jurnal ilmiah mulai struktur kata sampai dengan sistematika penulisan.” seperti dikatakan Ketua Panitia Ferdiyansyah mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) kepada Humas Unmul. Ia juga menambahkan mahasiswa perlu mengetahui bagaimana persiapan Unmul jelang peraturan yang berlaku sejak 1 Agustus 2012 tersebut.

Didaulat sebagai pembicara kunci, Ketua Dewan Pendidikan Kaltim Bohari Yusuf, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim Ahmad Abdullah, Prof. Dr. Ir. Afif Ruchaemi., M.Sc., Agr Pembantu Rektor (PR) I Bidang Akademik Unmul, serta dimoderatori Presiden BEM, Surahman.   

Sebelum membuka acara, secara ringkas Rektor menjelaskan, penerbitan jurnal ilmiah diibaratkan memindahkan skripsi yang biasa tersimpan di perpustakaan, lemari atau laci ke website resmi dengan mengupload soft file karya ilmiah yang dibuat.

Senada dengan Rektor, Pembantu Dekan (PD) III Bidang Kemahasiswaan FKIP Drs. Masrur Yahya, M.Hum mengharapkan kegiatan yang dihadiri sekitar 200 mahasiswa dari perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, dan delegasi lainnya, mendapatkan gagasan yang baik dalam menyikapi kebijakan pemerintah. “Budayakan menulis dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Kebijakan yang tertulis dalam surat edaran DIKTI Nomor 152/E/T/2012 tanggal 27 Januari 2012 ini berisi tentang persyaratan bagi calon sarjana, master, dan doktor untuk mempublikan jurnal ilmiah (sumber okezone.com). (hms/frn)